Posted by: syadera | January 29, 2009

Indonesia To Host 2018 – 2022 World Cup

Indonesia has joined the race to host the World Cup in 2018 or 2022

The Indonesian football federation officially expressed interest in staging one of the tournaments to FIFA late Tuesday, becoming the sixth potential host to show interest ahead of Monday’s deadline.

England, Japan, Qatar, Russia and a joint Spain-Portugal candidacy have already declared intentions to bid.

Other contenders including Australia, a combined Belgium-Netherlands-Luxembourg proposal, Canada, China, Mexico and the United States are expected to enter the first stage of a two-year selection process before the cutoff.

Though its team is currently No. 144 in the FIFA world rankings, Indonesia fulfills one major requirement of hosting the world’s most-watched sports event – it has a stadium capable of holding at least 80,000 spectators for the opening match and final.

The government-owned Bung Karno Stadium in the capital Jakarta has a capacity of 88,000 and staged the 2007 Asian Cup final, when Iraq beat Saudi Arabia 1-0.

“Football is the most popular event in Indonesia, where its television rating beats everything else,” said Besoes, adding that joining the race would help speed up the development of players in a country of 235 million people.

FIFA began the process of choosing the 2018 and 2022 World Cup hosts two weeks ago. It will issue official bid forms next month, which must be returned by March 16.

Candidates capable of providing around 12 stadiums each holding at least 40,000 fans can apply for either the 2018 or the 2022 tournament, or for both.

“Ten years are enough for us to build, renovate or expand our stadiums to meet the requirement,” Besoes said.

FIFA said no South American country can apply for either tournament because Brazil is hosting the 2014 edition. African countries can bid only for the 2022 event because South Africa is hosting next year.

The hosts will be chosen by FIFA’s 24-man executive committee in December 2010.

By ten years Indonesia will have at least 12 great  stadium to host the event.

Here is the list of potential city/stadium to host the matches of FIFA World Cup:

1. Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta

800px-gelora_bung_karno_stadium_asia_cup

Bung Karno Stadium (formerly Gelora Senayan or Istora) is a multi-use stadium in Central Jakarta, Indonesia. Construction began on the stadium in 1960 and finished in 1962 in time to host the fourth Asian Games held in Jakarta in 1962. The stadium’s original capacity of 100,800 people was reduced to 88,000 as a result of renovations for the 2007 Asian Cup. The stadium projected to host 2018-2022 FIFA World Cup.

Sport Event:

* Host for the 1962 Asian Games (1962)
* Host for SEA Games (1979, 1987 and 1997)
* Joint Host for the 2002 Tiger Cup with Singapore
* Host for the ASEAN Club Championship 2003
* Host for the 2004 Tiger Cup first leg Semifinal
* Host for the 2007 AFC Asian Cup for Group D matches, the Quarter Final and the Final

2. Palaran Stadium, Samarinda

palaran

Palaran Stadium is a multi-use all-seater stadium in Samarinda, East Kalimantan, Indonesia. It opened in 2008 and has a seating capacity of 60,000. It is used by Persisam, a local football team. The stadium was the main venue for the 2008 National Games and projected to host 2018-2022 FIFA World Cup.

3. Gelora Srivijaya Jakabaring, Palembang

jakabarin2

Jakabaring Stadium is a multi-use stadium in Palembang, South Sumatra Indonesia. It is currently used mostly for football matches. The stadium holds 55,000 people. It was built in 2004. The stadium was the main venue for the 2004 National Games and projected to host 2018-2022 FIFA World Cup.

Sport Event:
* 2005 AFF Asean Cup U-20 (2005)
* 2007 AFC Asian Cup for Group D Match, Third Place Play-Off
* 2004 National Games

4. Jalak Harupat Stadium

jalak-harupat

Jalak Harupat Soreang Stadium is a multi-use stadium in Bandung, West Java, Indonesia. It is currently used mostly for football matches. Now it’s the home stadium of Persikab – Kabupaten Bandung and Pelita Jaya Purwakarta The stadium holds 40,000 people.

5. Rumbai Stadium, Pekanbaru

riauRumbai Stadium will be a multi-use stadium in Pekanbaru,  Riau,  Indonesia.  The stadium will holds 70,000 people. It still building and will finish in 2010. The stadium will be the main venue for the 2012 National Games and projected to host 2018-2022 FIFA World Cup.

6. Gedebage Stadium, Bandung

gede

Gedebage Stadium will be a multi-use stadium in Bandung, West Java, Indonesia.  The stadium will holds 70,000 people. It still building and will finish in 2010. The stadium will be the main venue for the 2011 South East Asian Games and projected to host 2018-2022 FIFA World Cup. It will be the home base for Persib Bandung.

7. Gelora Bung Tomo  Stadium, Surabayagelora-bung-tomo-cuy

Gelora Bung Tomo  Stadium will be a multi-use stadium in Surabaya, East Java, Indonesia.  The stadium will holds 60,000 people. It still building and will finish in 2010. The stadium will be the home base for Persebaya Surabaya  and projected to host 2018-2022 FIFA World Cup.

8. Tenggarong Stadium

tenggarong

Tenggarong  Stadium will be a multi-use stadium in Kutai Kartanegara, East Kalimantan, Indonesia.  The stadium will holds 60,000 people. It still building and will finish in 2010. The stadium projected to host 2018-2022 FIFA World Cup.

More stadium will be build in Indonesia due to will be a lot of sport event will be held in Indonesia such as 2011 South East Asian Games (Bandung, West Java and Semarang, Central Java), 2013 Islamic Solidarity Games (Serang, Banten), 2016 National Games (Makassar, South Sulawesi or Medan, North Sumatra), and 2020 National Games (Bandar Lampung, Lampung or Serang, Banten). Indonesia also plan to bid the host of 2018 Asian Games beside 2018-2022 FIFA World Cup. If the bidding process succes it will be more and more stadium build in Indonesia, especially in Batam as the most developing city in Indonesia and projected to be a little Singapore and also in Bali as the central of tourism industry in Indonesia.

No question, Indonesia will meet the requirement to host the 2018 – 2022 FIFA World Cup.

Continue next time…

About these ads

Responses

  1. wah, sangat mendukung indonesia menjadi tuan rumah piala dunia
    dengan begitu akan meningkatkan moral para pemain muda untuk bisa memberi sesuatu pada indonesia pada dunia sepak bola
    selain itu dengan menjadi tuan rumah, indonesia dituntut untuk membangun stadiun, fasilitas latihan, hotel dll yang efeknya akan baik untuk perkembangan sepak bola dalam negeri

    cuma koq bandung host 2 stadiun ya?
    mending disebar ke kota lain..
    terus di surabaya akan dibangun gelora bung tomo ya? koq belum pernah dengar ya :-p
    mau dibangun dimana ya? apakah renovnya tambak sari atau di lokasi yg lain?

  2. wah sya, luw smangat bgt tentang masalah satu ini…mudh2an aja 9-13 tahun waktu yang cukup bwt mewujudkannya…
    n juga bisa jd cara supaya indonesia maen di piala dunia..haha
    n stu yang gw bingung,,koq bisa luw dpet info2 kyk gini, lengkap n b.ing pula,,,ckckckck

  3. sebagai orang indonesia yang suka sepak bola, gw setuju dengan hal ini
    gw dukung penuh
    bravo

  4. baru ngeh klo ternyata indonesia lg bikin bbrp stadion baru, bagus2 lg, intinya sih maintenance aja selama ini kekuranan kita tuh di maintenance, gak bisa bgt ngerawat stadion yg udah ada. thanks for the info bang. gw berharap bgt indonesia bisa jadi tuan rumah piala dunia. amin.

  5. wuuiiiihhh…
    canggih bener

    di bandung bakal ada 2 stadion yg dipake buat piala dunia..
    tapi thn 2022 euy, sy udah 34 dung
    hohoho..

    dan ntah apa jadinya bila kita nanti satu grup dgn brasil, argentina,inggris, jerman, atau spanyol
    habislah kita dibantai..
    heeh

  6. kok gak kembangin stadion manahan solo aja…
    tinggal renovasi dikit aja

  7. ayo Indonesia KITA BISA..!!!

    ayo kawan2 kita dukung INDONESIA menjadi tuan rumah PD 2022…

    kita adalah negara asia pertama yg ikut piala dunia waktu tahun 1938…

    2022 adalah saatnya kita untuk kembali ke pentas dunia..!!

    MERDEKA…!!!

  8. kayanya ga hanya stadium deh yg harus dipersiapkan..
    transportasi (jalan yg bagus dan bebas macet) dan saran lainnya (listrik, air) juga harus mendukung,..
    btw, stadion nya emang mantep yah!, tapi ko jalak harupat kaya lebih keren fotona daripada aslina

  9. yup yup.. pemerintah Indonesia telah menganggarkan Rp. 10 Triliun,, buat semuanya….

  10. Wah…berita yang heboh! Saya sih dukung2 aja buat Indonesia yg mau maju jd tuan rumah Piala Dunia…tapi jangan lupa banyak urusan penting yang belom diberesin. Misalnya: korupsi, kemiskinan. Kalo dananya dialoksikan terlalu banyak buat bikin stadium n mngabaikan masalah yg krusial di negeri sendiri…apa kata dunia? Maju terus Indonesia…! Masih ada harapan…buat Indonesia yg lebih baik. Indonesia! (clap…clap…clap…clap…clap…)

  11. Keren bgt,hdup indoNESIA

  12. kok ga ada kanjuruhan, malang ?

  13. yeahh.. keren !
    moga jadi kenyataan ah.

  14. keren ya desain stadion nya
    apa bener tuh akan terlaksana?skrg aja udah tahun 2009.masa iya 2010 bisa selesai?

  15. semoga semua stadion yg msh di bangun bisa sesuai dengan rencana, selesai tpt wktu dan memuaskan..
    & semoga, stadion2 yg udah ada bisa di pelihara dgn baik…

  16. lapangan di daerah timur gak??
    klo mw bgn stadon perhatiin juga org2 timur..

  17. Buat pd yg gax tau perkembangan stadion d indonesia…mang bner koq skarang tuh surabaya lg ngebangun stadion glora bung tomo tpatnya dah 50persen jd…doain aj gax terkena krisis global…

  18. edan kk blognya pengunjungnya bisa sampai 100 per hari.

  19. indonesia gw banget jadi tuan rumah piala dunia…
    tp jangan 13 staion donk yang dibangun.. 20 gtu biar tanggung………….
    sukses buat indonesia ku……………….

  20. Indonesia bakal jadi hebat tapi masih harus menunggu lama masih perlu banyak persiapan
    semoga indonesia bisa masuk WORLD CUP bisa menjadi tuan rumah………..

    Indonesia bangkit…………….
    Jangan sampe mengecewakan tanah air..

  21. mantap..
    proposalnya bisa didownload di pssi-football[dot]com

  22. wahhhh ini baru yang namanya indonesia kita bisa ngalahin stadion2 di asia tenggara wah snagat suka indonesia jadi tuan rumah piala dunia 2022 dkungggg indonesia

  23. hidup…………!!!!!!!!
    Indonesia………….!!!!!!!!!!!

  24. sip,
    klo bneran jadi fifa ngbulin tenag aja gw yag maen nanti haha. :)

  25. m44f klu b0l3h u5ul bi4r 4dil & di indonesia b4g14n timur d1 b4ngun juga 1 stadium,terserah di ambon,jayapura atau manokowari,mas4k cum4n d1 w1l4yah bar4t 4j4.thank maju trus indonesia

  26. wah. semoga berhasil dikembangkan lah itu stadion..
    biar bisa host WC..

  27. Mudah2an bener2 jadi deh itu stadion2 yg lg direnovasi maupun yg akan dibangun.

    Hidup INDONESIA!

  28. It is a great thing that stadiums are being built in this country. Hopefully FIFA accepts our bid and we can host the FIFA World Cup as time goes on.
    Do whatever you can to increase publicity of football in Indonesia, so that it will be a bigger craze than it already is.

  29. Lho, kok Stadion Maguwoharjo Yogyakarta kok ga ada ?? bukannya udah berstandar internasional, tinggal finishing aja jadi ga perlu m’bangun stadion baru lagi. Konon kapasitas Stadion Maguwoharjo mencapai 30.000-40.000 penonton

    Hidup Indonesia

  30. kalaw bisa tmpat final FIFA 2022 di stadion narasinga_rengat(riau)

    maju terus persires

  31. stadionnnya kerenz2…..kaya lagu iNnO tuh KITA SATU…..”MAJULAH MAJU KITA BERSAMA SATU KAN TEKAD INDONESIA….BUANGLAH RESAH DAN KERAGUAN PERCAYALAH KITA….PSTI BISA….!!!!!!”(iNnO feat Mail “OB”)-http://www.reverbnation.com/inno

    mudah2an nanti di PlayStation stadionna ada dari Indonesia jg…hehehe…keren khan…asal jangan ada kempar batu sembunyi tangan OK.PISS POKONA MAH…
    Klo ga salah di Bukit Sentul,Bogor mo di bangun stadion jg tuch,bwt apa yach?qo ga da dlm daftar….

  32. GARUDA DI DADAKU GARUDA KEBANGGAANKU
    KUYAKIN HARI INI DAN SETERUSNYA PASTI MENANG !!!

    SAYA HARAP SELURUH PROVINSI DI INDONESIA BISA MEMILIKI STADION INTERNASIONAL TERUTAMA PAPUA APALAGI BALI

  33. wahhhhh……… emang w ngarep bngt indonesia bisa jd tuan rumah piala dunia 2022 dengan begitu moral bngsa kita bisa baik di mata dunia

    w percaya sama indonesia bahwa INDONESIA pasti bisa
    buat TIMNas INDONESIA maju terus w pendukung setia lo

  34. stadionnya bagus2, tapi bolanya menggelinding dengan rata g?, kaya di eropa itu lho, emangnya mbangun stadion sama beli rumput mahalan mana sih , stadionnya bagus klo lap/ rumputnya g rata sama aja bo’ong, (kualitas rumput dan ratanya lapangan harus dinomorsatukan)

  35. is good for all

  36. wah……..Q setuju banget kenapasih harus bagus2 stadionnya tapi dalamnya mines terutama di lapangannya????????????
    tapi walapun begitu Q bangga jadi warganegara indonesia…………….
    sukses buat indonesia Q.,.,.,.,.,???????

  37. kan bangun stadion itu semua menggunakan anggaran apbd masing-masing seperti stadion tenggarong, bahkan di samarinda terdapat 3 stadion yang dibangun oleh pemprov dan pemkot yang jadi pertanyaan kenapa pemprov selalu membangun sarana dan prasarana selalu hanya di ibukota provinsi padahal kan lebih baik bangun di setiap kabupaten dan kotamadya lainnya

  38. sok jdi tuan rnh lah gak usah lah bkin malu aja

  39. kalau jad tuan rm pd 2018/2022 okey lah tapi semua harus di persiapkan dg matang mulai dari yang korupsi harus di brantas teroris harus di brantas dulu klau korupsi tak di berantas bisa uang buat bangun stadion di pakai lagi trus stadion di bangun asal-asalan begitu pembukaan piala dunia ambruk dan juga terorisnya di berantas dulu jangan-jangan pas pembukaan piala dunia boom meledak kan malu maluin dan kasihan yang kena ledakan.thx bonek

  40. full support bwt penyelenggaraan event internasional….

    btw, gambar west java stadium bner gak sih..??
    saya search di google koq ada 2 gambar berbeda….
    padahal namanya sama-sama west java stadium…

  41. Semangat buat pemerintah, semoga realisasi akan pembangunan stadion benar2 menjadi kenyataan ,sebelum du\itunjuk menjadi Host WC. jika sebelum ditunjuk qt sudah mulai membangun stadion2 baru, maka itu akan lebih meyakinkan dan menjadi nilai PLUS bagi FIFA untuk menunjuk Indonesia menjadi Host WC.
    Semoga. . .

  42. kalo bisamah jangan cuma rencana, tapi hrus direalisasikan. biar dunia internasional tahu bahwa indonesia sangat berpotensi untuk menjadi tuan rumah piala dunia 2022.

    kok satadion bmw. dan yang di bogor g ada profile nya sih.

    katanya di jawa barat akan dibangun 4 stadium buat piala dunia 2022.

  43. Hiduppppp Indonesia…..kapan lagi kita bisa ikut Piala Dunia…..kalau nggak mulai dari sekarang bangun infrastrukturnya….
    Bravo GIBOL…hiduppppp Sepak Bola Indonesia menuju pentas dunia…..Bonek Surabaya

  44. pokoe….melu piala dunia titik…mumpung sek enom….bangun stadion supporter….biar buanyakkkk yang penting TIMNAS bisa maju…

  45. Indonesian go ahead to World Cup 2022 but, will succed. I think nothing impossible in the world all can become. I wish we our RI nations can is the best in Asean, Asia as well as World.

  46. i love you full indonesia……..
    go.. go.. go….!!!!!!

  47. Yang stadion PON XVIII tahun 2012 itu bukan stadion Rumbai, melainkan Stadion Nasional Riau , Tapi belum punya nama resmi. Data dan pict lengkap kunjungi : http://www.krishadiawan.co.cc/2009/08/main-stadium-pon-xviii

  48. semoga langkah kita untuk menjadi tuan rumah WORLD CUP 2022 tercapai……amin…………

  49. klo mw jadi tuan rumah piala dunia harus melaksanakan secara bertahap…
    mulai dari penyelenggaraan asean games,asia games,piala asia sendirian,piala dunia tingkat junior,piala dunia antar klub,baru piala dunia…
    semoga kita bisa!!!

  50. stadion dikaltim standart international 4 stadion yg betul2 bertarap internasional lho.. bukan stadion main-main asal nama stadion aj

  51. koin untuk prita bisa terkumpul 0,5 M lebih dalam satu bulan, bagaimana kalo kita penggemar sepakbola indonesia ngumpulin uang seribuan sehari satu tuk bantu PSSI jadi tuan WC 2022….pasti cukup untuk bikin 1 stadiom internasional satu…….trus namanya stadion Bhineka tunggal ika…

  52. gelora bung tomo tmpt bonek bukan aremania

  53. ayo..andalkan pesona alam kita sebagai tema dalam pemilihan tuan rumah piala dunia tahun 2022,mari kita perjuangkan dan jaga alam kita,dan pesan saya adalah no anarcy…dan renofasikan kembali stadion gelora bung karno,jangan kalah sama malaysia

  54. ayo…dukung persekat tegal masuk ke djarum indonesia super liga,dan saya ingin semua baju tim dikasih lambang merah putih,weh…aja pada gelut ya eben dewek bisa dadi tuan rumah piala dunia coy….

  55. keren bgt.
    mudah2an ja mua na jd kenyataan

  56. Wess…..bagus banget…

    btw, Stadion Bogor itu alamatnya dimana sih? gw tinggal di Bogor, tapi ga pernah liat ato denger ada pembangunan stadion….

    VIVA INDONESIA

  57. W dukung 100 % Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

  58. wah,,, gue sngt mendukung indonesia jd tuan rumah piala dunia… smoga sukses
    tpi sharusnya stdion2 jngn di bangun di indonesia barat sja, inonesia timur dan tengah jg supaya smua WNI bsa dpt melihat…
    bamgga dehhh,,, cayoo INDONESIA (smangat)

  59. Maju terus bangsaku, genggam dunia dengan sayapmu….Buat kami bangga menjadi bangsa Indonesia….Hidup Merah Putih!!!

  60. hidupgelora bung tomo kmwarg ajatimbangga pux stadion semegah GBT…………AREMA GA DUWE STADION YEK…….

  61. ayo mju lh persebaya q kita tnjkn smngt kmu dn prstasimu jdlh juara butlh kmi bngga ktkn pda aremani jncok ………. asu nggk duwe …….stadion …………….. wong mlng mbok ,e jncok ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….ang crby,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,……………,,,,,,,,,,,,………..

  62. selain stadion…permainan TIMNAS jg harus d benahi.,
    jalan2 mnju stadion jg tntunya…srta lokasi utk camp-camp para kontestan PD 2022 nntinya..

  63. gimana perkembangan awaran untuk world cup 2018/2022 indonesia?

  64. Saya akn dukung spenuhnya atas ke mauan indonesia mnjadi tuan rumh worldcup , tp klau jd tuan rumh. Qta kn mmpunyai sjarah baru . Yaitu timnas kwasan asean yg mampu ikut fifa confederation.. Krna indonesia selaku tuan rumh .

  65. yang penting belajar lebih baik

  66. Gw mendukung untk INDONESIA menjadi tuan rmh PD 2018-2022. Knp ?, krn di INDONESIA sudah banyak stadion yg akan dibangun yg akan rata-rata rampung pd thn 2012 nanti, stadion yg akan di bngn ada 9 stadion yang semuanya berkategori A
    : 1.Stadion Bae Kudus (msh dlm tahap perencanaan). 2.STD Batakan (bngn thn 2008, dlm thp pembgn). 3. STD Dompak (msh thp pembangunan). 4. STD Gede Bage (msh thp pembangunan). 5. STD Gelora Bung Tomo (msh thp pengerjaan). 6. STD Landak (msh thp pembangunan). 7. STD Nasional (msh thp pembangunan). 8. STD Perjiwa (msh thp penyelesaian, tinggal 15-20% lagi) stadion ini memakai sistim knock down, atap bisa buka tutup. Ya wajarlah, stadion seperti itu fasilitasnya, krn stadion ini terletak di kabupaten terkaya di indonesia yaitu KUTAI KERTANEGARA. 9. STD Taman BMW (dijadwalkan rampung thn 2011).
    Gw rasa negara kita sdh mencukupi syarat FIFA utk jadi tuan rumah piala dunia 2018-2022 nanti, krn syarat FIFA yaitu hrs memiliki minimal 10 stadion yg memiliki 1 stadion yg bekapasitas 88.000 utk pembukaan dan final event terakbar di dunia itu. Stadion di INDONESIA yg sdh ada adalah 3 stadion – STD GBK, STD Gelora JAKABARING dan STD Palaran di tambah 9 STD yg sedang dibangun. Jadi Stadion di Indonesia yg bertaraf Internasional ada 12 stadion. Lebih – lebih STD Taman BMW yg merupakn Allianz Arenanya INDONESIA ataupun menyerupai stadion Emirates Stadium di LONDON-INGGRIS dan juga STD PERJIWA yg lapangannya berstandar lapangan stadion – stadion di EROPA dan setara dengan STADION NOU CAMP yg merupakan STADION termegah ke-3 di DUNIA.

  67. dulur kn stadion ini jadie
    sudah gk thn nie dulur
    buat ngeleat kbgusan stadion nie
    ku tunggu kabar stadion GBT jdie

    by
    gilang adi laksono (bonek arkelor/ arek kedinding lor)

  68. gw suka 2 lo pnya stadiun kya gi2an, gw bangga jd warga InDoNeSiA…….!!!!!!

  69. BERBANGALAH INDONESIA SEPAK BOLA NYA CUKUP BAGUS……?
    DARI MULAI PEMBINAAN PELATIH STADIUM SANGAT BAGUS…….!

    TPI SAYANG DARI KEWASITAN/PEMPIN LAPANGNANY KURANG BAGUS.
    jadi mohon kepad PSSI tolonglah cri pemimpin yg tegas,bijak dalam menjalani pertadingan,
    jgn kya sekarang wait sepak bola indonesia jga berat sebelah bila lg mempin pertandingan……!!!!

    ditambah kepad seporter indonesia yang ska bikin rusuh,menyalakan kembang api didlm pertandingan tolonglah jangan di nayalakan karna mengangu pertandinga…..?

    kpda THE JACK,VIKING,BONEK,AREMANIA,LASKAR WONGKITO DLL
    JANGAN LAH MENJELEKAN PERSEPAKBOLAAN INDONESIA.!!!

  70. ASALAM MUALAIKUM WRB…..?

    SELAMET MALAM publik indonesia….!!

    mhon maaf kpda BPK ARIFIN /KETUA PSSI
    TOLONG LIGA INDONESIA ( I S L )
    TOLONG DIAKUI LG KARANA ISL LIGA PALING BAGUS DIBANDING IPL
    KARNA SBAB TU KLW ISL PENOTONYA BAGUS
    KLW IPL PENOTO/SEPORTERNYA KURANG BAGUS /BANYAK…..?

    YG PALING BAGUS KOMPOTISINYA DISATUKAN/
    ISL KOMPOTISI 1 DAN IPL KOMPOTISI 2,
    artinya bila manA club dari ipl juara liga ipl masuk promosi ke ISL DARI DIVISI UTAMA PROMOSI IPL DLL NAY

    AMBILNYA DARI PERINGKAR 1 & 2,PERINGKAT 3 ARUS KILIVIKASI DGN CLUB PERINGKAT 3 ISL…..?

    KAN BAGUS LIGA INDONESIA…..?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: